Rabu, 13 Juni 2012

laporan Perjalanan ke Taman Safari Indonesia ll


Setelah pagi hari berada di Masjid Nasional Al-Akbar dan melewati Bencana Lumpur Lapindo,Akhirnya saya sampai di Taman safari Indonesia ll yang di Prigen,pasuruan,jawa Timur.Ini kali pertama saya berkunjung ke taman safari Indonesia yang ke-2,pada saat saya memasuki gerbang masuk sedikit agak ada yang berbeda di bandingkan dengan Taman Safari Indonesia I yang ada di Cisarua ,bogor.

Taman safari ini berada didesa Jatirejo kecamatan Prigen dengan ketinggian antara 800-1.500 meter dpl. Obyek ini merupakan lembaga konservasi suaka margasatwa yang menempati areal seluas 340 ha. Seperti biasa sebelum memasuki kandang satwa, para pengunjung diwajibkan berhenti sejenak di sebuah pos yang terdapat beberapa toko penjual cinderamata khas Taman Safari seperti stiker, boneka, kaos, dan pernak-pernik lainya. Kami menunggu cukup lama dipos untuk menunggu giliran masuk kedalam area taman satwa yang dibatasi jumlah kendaraan yang masuk. Tujuannya agar para hewan tidak terusik dan stres akibat banyaknya yang melewati area tersebut.

Akhirnya waktu yang ditunggu tiba, kami bergegas kembali ke-Bus untuk mengikuti tour masuk ke area taman satwa. Memasuki gerbang taman, kami pun siap-siap melihat satwa apa saja yang terdapat didalamnya dan mengambil foto hewan-hewan unik dan langka tersebut. Pengunjung diwajibkan menggunakan kendaraan selama memasuki area taman satwa. Apabila tidak memiliki kendaraan, para pengunjung dipersilahkan naik bus yang telah disediakan oleh pihak Taman Safari.

Keunikan Taman Safari dibandingkan dengan kebun binatang lainya adalah pengunjung dapat menyaksikan kehidupan satwa liar sesuai habitat aslinya, berdasarkan tempat hidupnya dibagi menjadi 4 kawasan antara lain : kawasan Amerika, Eropa, kawasan Asia dan kawasan Afrika. Memasuki salah satu kawasan Amreika, saya disuguhi sebuah pemandangan menarik. Seekor beruang coklat berjalan dipinggir jalan. Cukup heran, bagaimana cara adaptasi beruang tersebut agar bias hidup didaerah tropis. Selain itu saya juga melihat hewan lain seperti beruang madu, kijang, dan lain-lain.

Memasuki kawasan hewan buas, para pengunjung dilarang membuka kaca jendela kendaraan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya melihat sekumpulan harimau berada di tengah-tengah jalan. Bus kami berhenti sambil menunggu harimau itu menyingkir dari tengah jalan. Selain itu masih ada beberapa satwa buas lain seperti singa, buaya, dan sebagainya. Kemudian memasuki kawasan Asia, saya menemukan sebuah badak yang sedang sendirian. Selain itu ada juga kambing gunung, angsa, kera, kingkong, dan sebagainya. Cukup banyak satwa di kawasan ini khususnya satwa Indonesia.
 
Kawasan Afrika sebagai kawasan terakhir berisi tentang gajah khas afrika, zebra, kuda nil dan masih banyak lagi. Hampir semua hewan berada di tempat ini melebihi koleksi kebun binatang pada umumnya. Saya melihat sekawanan gajah sedang berada di sisi kanan dari kendaraan kami. 
 
Di dalam area taman, terdapat 3 zona yaitu zona kehidupan satwa, zona rekreasi sebagai tempat untuk menampilkan atraksi dari satwa dan tempat permainan anak-anak, zona baby zoo sebagai tempat untuk mengenal lebih dekat wisatawan dengan anak satwa liar untuk bermain dan berfoto. Cukup menyenangkan bila berlama-lama di tempat ini karena suasananya sejuk dan berada di lereng pengunungan.
Sayang,waktu yang memisahkan kami ..sangat puas kami dibuatnya dengan melihat-lihat hewan secara dekat dan melihatnya langsung .kamipun bergegas pulang dan kembali kerumah masing-masing. Terima Kasih
 
 
**Lokasi/Peta
Informasi lebih lanjut baca artikel lokasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen
**Harga Tiket Masuk (update Des 2012) 
Dewasa = belum update (harga bias berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk fasilitas lain yang berada di kawasan Taman Safari Indonesia)
 
**Tips
Datanglah pagi hari di tempat ini karena berwisata sehari di kawasan Taman Safari terasa kurang.bila membawa kendaraan pribadi ,patuhilah peraturan yang ada demi keselamatan ketika melakukan Tour Wisata ke kawasan Binatang.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Text

About me

About

VIDEO (250 x 190)

http://

Advertisement (468 x 60px )

Mini Updates

Advertisement

Twitter

http://twitter.com/#!/YunartoWibisono

Advertisement

Rss

Free Monkey ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
Powered By Blogger

Entri Populer

Pengikut